Peluang Kerja Analisis Kesehatan

Adapun untuk prospek kerja jurusan analisis kesehatan ini antara lain adalah sebagai berikut;

MANAGEMENT KESEHATAN

Seorang sarjana lulusan FKM dalam bidang Management Kesehatan bisa menduduki berbagai profesi seperti: Manager RS, Manager Rekam Medik, Manager Pemasaran RS, Manager Asuransi Kesehatan, Bank Asuransi, Finance, Manager suatu perusahaan farmasi, Pemasaran alat kesehatan dan Laboratorium, puskesmas, dinas kesehatan dan lembaga maupun organisasi sosial/non-profit pada bidang kesehatan masyarakat.

KESEHATAN LINGKUNGAN

Seorang sarjana lulusan FKM dalam kesehatan lingkungan bisa menduduki profesi sebagai: Manajer lingkungan RS, Konsultan limbah, Konsultan Amdal-Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, QHSE Manager dan Manager K3L diberbagai perusahaan: PLN,  Jasa Kontruksi, Tekstil, Telkom etc, Quality control supervisor, Cevron, Free port, LNG Tangguh, Newmont, pertamina.

GIZI KESEHATAN MASYARAKAT

Seorang sarjana lulusan FKM dalam bidang Gizi Kesehatan Masyarakat bisa menduduki profesi sebagai Manager Quality control pada perusahaan Food and Baverages, Rumah Makan dan restaurantsupervisor HACCP pada berbagai perusahaan : restaurant, hotel, supermarket, supplier makanan, konsultan gizi, catering dan semua perusahaan yang terkait dengan perusahaan tersebut diatas

PROMOSI KESEHATAN MASYARAKAT

Seorang sarjana lulusan FKM dalam bidang mempromosikan Kesehatan Masyarakat dapat menduduki pekerjaan tepatnya sebagai tenaga ahli ataupun management pengelola dalam mensosialisasikan/mempromosi kesehatan di masyarakat diantaranya: kesehatan lingkungan, lembaga-lembaga CSR perusahaan/institusi pemerintah maupun swasta, Puskesmas, Dinas Kesehatan, asuransi kesehatan, rumah sakit,  serta gizi masyarakat.

BIOSTATISTIK DAN EPIDEMIOLOGI

Seorang sarjana lulusan FKM dalam bidang Biostatistik dan Epidemiologi bisa berprofesi sebagai Team Survei dan Analisa Dinas Kesehatan, Team ataupun tenaga ahli statistik (Rumah Sakit, Puskesmas, Lembaga Riset/Penelitian Kesehatan Masyarakat), pada Tenaga ahli ataupun team teknis (Lembaga Survei Indonesia, BPS, Bapenas, Bapeda, BKKBN dan lembaga sosial lainya) serta Managemen.

Selain berbagai bidang yang telah dijelaskan diawal sebenarnya masih terdapat beberapa bidang yang dapat menjadi peluang lapangan pekerjaan bagi seorang sarjana pada Fakultas Kesehatan Masyarakat, jadi bagi para mahasiswa yang saat ini mungkin sudah memutuskan untuk berkuliah pada fakultas kesehatan masyarakat untuk tidak khawatir, karena masih sangat luas dan banyak yang membutuhkan para ahli dibidang kesehatan masyarakat.

ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN

Administrasi Kebijakan Kesehatan adalah salah satu wadah dan proses bagaimana manajemen dan organisasi dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan kebijakan umum, yang tujuannya yaitu  untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Lulusan Kesehatan Masyarakat pada bidang ini juga dapat memilih di berbagai profesi di bidang administrasi kebijakan kesehatan diantaranya Manajer Rekam Medik, Manajer RS, Pemasaran Laboratorium dan alat kesehatan,  Manajer Pemasaran RS, BPJS, Manager Asuransi Kesehatan, Manajer perusahaan farmasi, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan lembaga maupun organisasi sosial.

GIZI KESEHATAN MASYARAKAT

Lulusan Kesehatan Masyarakat juga dapat berperan sebagai seorang yang bekerja dalam bidang gizi Kesehatan Masyarakat. Profesi ini biasa di ambil alih oleh lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat yaitu sebagai Manajer Quality Control pada perusahaan Food and Baverages, supervisor HACCP, hotel, restaurant, supermarket, konsultan gizi, supplier makanan, catering dan seluruh perusahaan yang berhubungan dengan gizi, termasuk di pada Instansi Kesehatan milik pemerintah yaitu Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Saat ini berbagai sekolah menyediakan makan siang untuk muridnya, sehingga tidak takut lagi mengenai asupan gizi mereka, karena mereka memerlukan ahli gizi untuk mengatur kebutuhan gizi anak didiknya.

KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)

Lulusan SKM memiliki prospek kerja yang cukup luas apalagi bila kita mendapatkan penjurusan di bidang ahli K3 (kesehatan dan keselamatan kerja). Ketika kita meraih suatu gelar yaitu SKM, perusahaan yang cukup besar maupun kecil akan memerlukan jasa yaitu sebagai ahli K3.

KESELING

Sarjana jurusan Kesehatan Masyarakat juga mempunyai ahli dibidang Kesehatan Lingkungan. Seorang dididik agar memahami/mengerti untuk melakukan pengukuran parameter kesehatan lingkungan (seperti Fisika, kimia, biologi dan radioaktif).

Seorang juga diberi kemampuan untuk melakukan analisis tepatnya pada permasalahan kesehatan lingkungan (seperti, pengelolaan limbah, pengelolaan sampah, pengendalian vector, air bersih, sanitasi makanan, pencemaran lingkungan dan toksikologi lingkungan).

EPIDEMIOLOGI

Pada bidang Epidemiologi Sarjana jurusan Kesehatan Masyarakat mampu dilatih untuk memiliki kemampuan mengidentifikasi permasalahan kesehatan masyarakat, melakukan penyelidikan Kejadian Luar Biasa (KLB) atau Wabah, merencanakan program pemberantasan dan pencegahan penyakit, melaksanakan surveilans penyakit, Biasanya SKM  lulusan bidang ahli epidemiologi bisa bekerja sebagai pengurus sipil negara dengan Jabatan Fungsional Epidemiolog yang melakukan peranan surveilans epidemiologi di puskesmas.

Seorang juga biasa bekerja sebagai tim surveilans penyakit, Kantor Kesehatan Pelabuhan sebagai petugas pemantauan penyakit potensi pandemic yaitu sebagai petugas pendamping jemaah haji yaitu Jika berwiraswasta SKM lulusan bidang ahli epidemiologi kemudian dapat bekerja sebagai vektor control, surveilans kesehatan kerja, LSM pemerhati bencana alam (sebagi pengendalian wabah pasca bencana) dan peneliti.

INSTANSI PEMERINTAHAN

Berikut beberapa instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki seorang lulusan ahli lingkungan. Kesehatan Lingkungan merupakan Dinas Kesehatan Daerah,  Kementrian Kesehatan, Kementrian Lingkungan Hidup dan instansi-instansi terkait lainnya. Instansi tersebut dapat diperoleh apabila terdapat kerja keras.

LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT

LSM sangat berkaitan dengan lingkungan hidup yang merupakan prospek kerja yang cukup bagus. Untuk berbagai lulusan kesehatan lingkungan. Lembaga-lembaga non pemerintah ini ikut serta dalam menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik.

PUSKESMAS

Pusat Kesehatan Masyarakat dapat menjadi garda terdepan dalam melayani semua kebutuhan kesehatan masyarakat. Begitu pula dengan kesehatan lingkungan dari masyarakat itu sendiri. Dapat dengan mudah dijangkau dan mampu  memberi pelayanan yang baik.

TENAGA PENGAJAR

Setelah lulus, apabila kita memiliki kemampuan belajar mengajar yang tinggi, kita dapat bisa menjadi tenaga pengajar di bidang pendidikan kesehatan. Selain itu dapat menjadi dosen dengan meneruskan perkuliahan ke tahap S2. Kemudian kita dapat menjadi seorang guru yang terpenting yaitu memiliki kemampuan.

RUMAH SAKIT

Kita dapat bekerja di rumah sakit, kita dapat bekerja di bagian manajemen kesehatan lingkungan rumah sakit. Karena pada rumah sakit yang merupakan pusat dan sarana. Dimana masyarakat harus dapat berada dilingkungan terbaik tentunya dengan mutu kesehatan yang baik.

PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)

Seorang yang lulus dari PNS, dapat bekerja pada klinik rumah sakit ataupun klinik laboratorium. Walaupun dapat kita ketahui bersama apabila menjadi seorang PNS adalah hal yang sangat sulit di lakukan dan lowongan pekerjaan yang memang sulit untuk di dapatkan namun dalam hal ini masih banyak sekali seseorang yang ingin bekerja di dalam hal ini. Yaitu menjadi seorang PNS yang bekerja di suatu laboratorium tertentu dapat dilakukan.

FARMASI

Dalam hal ini kita dapat bekerja pada bagian yang mengamati/meneliti obat-obatan yang membedakan apakah dapat di konsumsi oleh masyarakat atau tidak aman sehingga tidak dengan mudah untuk beredar di dalam masyarakat umum.

Kemudian seorang yang bekerja dibidang farmasi ini sangat memiliki kemampuan yang cukup tinggi dan kemampuannya dalam hal mengetahui dan memahami senyawa dari obat-obatan tersebut. Memang telah cukup banyak seorang yang bekerja pada analis kesehatan tepatnya untuk bekerja di bagian farmasi ini.

Dengan harapan kita dapat  memeperoleh hasil ataupun gaji yang banyak dalam pekerjaan nya menjadi farmasi disebuah rumah sakit ataupun klinik.

ILMU GIZI

Seorang lulusan dari analis kesehatan dapat bekerja sebagai ilmu gizi yang memiliki tugas/peran yaitu dalam hal ini seorang analis kesehatan yang bekerja di bagian ilmu gizi yaitu meneliti makanan yang di konsumsi oleh manusia dan telah beredar di kalangan masyarakat memiliki nilai gizi atau tidak serta menjadi acuan yang sangat komperatif bagi segala pihak.

WIRAUSAHA

Seorang lulusan pada analis kesehatan juga dapat bekerja dan dapat membuka usahanya sebagai apapun. Jadi seorang lulusan analis kesehatan tidak dapat bekerja dalam rumah sakit ataupun dalam usahanya mencari pekerjaan yang lain.

Tidak sedikit saat ini peluang pekerjaan yang dapat di jadikan sebagai prospek untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi namun sekarang ini dapat menjadi peminat dan memiliki keinginan dari peserta didiknya yang dapat bekerja seacara profesional dan stabil dalam pekerjaannya tersebut.

PENELITI  NUTRISI DAN TEKNOLOGI PANGAN

Semakin canggih dan berkembangnya teknologi dan pengetahuan masyarakat dalam bidang sandang, pangan dan papan dalam proses penelitiannya. Dapat membuat banyak sekali ahli yang ingin menjadikan peluang pekerjaan dapat sangat diminati oleh banyak pihak.

Bukan hanya itu saja sekarang ini masyarakat dapat berfikiran bahwa pekerjaan menjadi seorang peneliti nutrisi dan teknologi pangan merupakan hal yang sangat sulit dalam pengerjaanya. Sehingga hasil yang akan di dapatkan akan semakin banyak dan cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

DIRGAHAYU RI KE-75

Pimpinan dan civitas akademik Akademi Analis Kesehatan An Nasher Cirebon mengucapkan Selamat Dirgahayu RI ke-75. ...