Dampak Teknologi Ilmu Komputer Terhadap Pelayanan Kesehatan

Seiring dengan perkembangan jaman, perkembangan teknologi pun semakain pesat. Hampir diseluruh penjuru dunia menggunakan teknologi informasi. Kehadiran teknologi informasi sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Kehadirannya membawa perubahan yang sangat berarti dan mampu mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan menjalani kehidupannya. Salah satunya bagi bidang kesehatan, teknologi sangat membantu dalam memberikan pelayanan di tempat-tempat kesehatan. Teknologi informasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan menjadi lebih baik.

Pelayanan Kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok, dan ataupun masyarakat (Depkes RI 2009).

Salah satu contoh pengaruh teknologi informasi bagi kesehatan adalah pada saat pendaftaran pasien di rumah sakit, dulu awalnya pendaftaran masih sangat manual, hanya menggunakan kertas dan pulpen, hal tersebut mengakibatkan pelayanan kepada pasien agak lama. Namun sekarang hampir semua tempat pelayanan kesehetan menggunakan sistem komputerisasi karena efek dari perkembangan teknologi informasi. Seperti saat masuk dalam UGD, pasien hanya perlu memencet salah satu tombol pada mesin yang mengeluarkan nomor antrian secara otomatis. Pelayanan kepada pasien lebih cepat dan efisien serta tidak membuang banyak waktu dan tenaga.

Contoh lain seperti saat akan melakukan pengindekan dan pelaporan akan sangat mempermudah petugas, karena data-data sudah ada di komputer, berbeda dengan yang dahulu masih harus mengumpulkan berkas-berkas pasien dan mendata kembali.

Upaya-upaya pengembangan teknologi dalam kesehatan banyak dilakukan oleh tenaga kesehatan yang bergelut di sistem informasi, sehingga nantinya akan dapat mengembangkan sistem pelayanan kesehatan yang semakin canggih dan semakin praktis. Salah satu upaya pengembangan teknologi untuk meningkatkan sistem informasi kesehatan adalah dengan memberikan pendidikan tentang teknologi informasi pada mahasiswa Analis Kesehatan. Dalam perkuliahan seorang analis kesehatan tidak hanya mempelajari tentang analisis penyakit dan menegakkan diagnosa dokter saja, akan tetapi juga diajarkan tentang teknologi informasi yang nantinya akan dapat merancang bagaimana pelayanan agar menjadi lebih cepat, tepat dan efisien.

Perkembangan teknologi informasi saat ini dan pada masa yang akan datang memiliki beberapa dampak positif bagi pelayanan kesehatan atau dibidang kesehatan. Beberapa contoh dampak positif dari perkembangan teknologi informasi bagi kesehatan, diantaranya : dengan teknologi komputer kita dapat mencari informasi dan merancang atau menyusun rancangan untuk alat-alat kedokteran sehingga akan dapat merubah atau meningkatkan kualitas peralatan medis atau kesehatan. Semua informasi medis, termasuk yang dihasilkan dari sinar X,

tes laboratorium, dan monitor detak jantung, dapat ditransmisikan ke dokter lain dalam format digital. Dan sekarang sudah ada robot Flebotomi yang dapat memudahkan seorang analis kesehatan untuk mengambil darah atau sampling pasien. Ini merupakan mata kuliah yang sangat berpengaruh untuk kemajuan sistem pelayanan kesehatan di tempat pelayanan kesehatan. Walaupun masih mempelajari dasar-dasarnya saja akan tetapi, saya berharap nantinya bisa mengembangkan dasar-dasar tersebut. Karena nantinya saya akan kembali ke daerah asal saya dan akan berusaha untuk meningkatkan sistem pelayan kesehatan yang ada di tempat-tempat pelayanan kesehatan agar lebih efisien, cepat dan tepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jadwal UTS Genap TA 2019/2020